Blogroll

saya bagas ariya wijaya student in soneta

Kamis, 13 November 2014

ARTIKEL-KESEHATAN

Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan

Teh Oolong adalah teh melalui proses setengah oksidasi. Karena prosesnya tersebut teh oolong terkenal sebagai teh yang banyak manfaatnya. teh oolong mengandung polifenol, tanin, mineral, dan alkaloid sehingga dipercaya sebagai teh kesehatan. Tidak hanya itu, antioksidan yang terdapat dalam teh oolong juga bermanfaat untuk kecantikan.
Hampir semua jenis daun teh dipetik dari tanaman yang sama. Untuk menghasilkan teh biasanya dilakukan proses yang sama pula, yaitu setelah dipetik dan dilakukan proses pengeringan selanjutnya dedaunan teh tersebut digulung untuk memecah struktur sel di dalamnya. Namun berbeda dengan proses teh oolong yang tidak melalui proses pemecahan sel.
Teh oolong diproses melalui oksidasi setengah—setelah dipetik daun teh disimpan di tempat yang lembab dalam suhu tertentu sehingga akan menghasilkan terjadinya oksidasi. Selanjutnya proses oksidasinya pun dilakukan tidak secara sempurna atau keseluruhan, tetapi hanya dilakukan proses oksidasi setengah jalan. Proses tersebutlah yang menjadikan teh oolong sangat bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya teh Oolong banyak disajikan di restoran-restoran Tioanghoa. Teh Oolong kualitas baik memiliki rasa pahit saat diseduh, namun meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum. Teh Oolong juga terkenal kaya manfaat, diantaranya:
  • Teh Oolong berkhasiat untuk membantu sistem pencernaan dan mengatur kadar kolestrol.
  • Teh Oolong mengandung enzim polifenol yang bermanfaat untuk menghancurkan lemak di tubuh. Selain itu, jenis teh ini juga dapat memperbaiki fungsi ginjal dan limpa.
  • Antioksidan yang terdapat pada teh oolong dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu juga bermanfaat bagi kecantikan kulit, yaitu menunda penuaan.
  • Memberikan sumber energi dan menjaga stamina tubuh.
  • Mengonsumsi 2 cangkir teh Oolong setiap hari dapat mencegah risiko tekanan darah tinggi.
  • Menghilangkan stress akibat kelelahan.
Teh Oolong sangat baik disajikan dan diminum hangat. Penyajian yang baik adalah jangan menyeduhnya dengan air mendidih. Akan tetapi, seduhlah teh oolong pada air bersuhu 82—88 derajat Celcius, kemudian diamkan selama 3—4 menit. Saring daun tehnya. Lalu teh Oolong pun siap dinikmati. Mekipun rasanya pahit, namun aroma wangi yang khas dan kaya khasiat membuat teh Oolong menjadi primadona incaran para pencinta minum teh.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites