Blogroll

saya bagas ariya wijaya student in soneta

Kamis, 13 November 2014

ARTIKEL-KESEHATAN

Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Teh hitam biasa diminum semua kalangan. Tanpa banyak yang tahu manfaat teh hitam untuk kesehatan, teh hitam laris dikonsumsi sebagai minuman sajian sehari-hari. Agar tak hanya nikmatnya saja yang diperoleh, sudah saatnya kita mengetahui manfaat teh tersebut bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat teh hitam untuk kesehatan? Yuk kita baca semuanya dalam uraian berikut ini.
• Menyehatkan sistem kardiovaskuler. Teh hitam kaya akan antioksidan, seperti flavonoid. Zat yang satu ini sudah terbukti mampu mengoksidasi kolesterol LDL (low density lipoprotein). Dengan begitu, kerusakan saluran darah dan dinding arteri, serta penyakit jantung dan stroke bisa terhindar. Polifenol dalam teh hitam juga merupakan antioksidan. Mineral mangan di dalam teh juga mampu menurunkan risiko jantung koroner dengan mengoptimalkan fungsi otot jantung.
• Menyehatkan kulit dan rambut. Antioksidan di dalam teh hitam mampu mencegah plek hitam dan jerawat tumbuh di atas permukaan kulit. Jika terjadi peradangan akibat infeksi bakteri, antioksidan ini juga mampu melawannya.
• Menyehatkan tulang dan jaringan penghubung. Di banyak penelitian sudah terbukti bahwa zat fitokimia di dalam teh hitam mampu membuat tulang dan jaringan penghubung yang kuat di dalam tubuh peminum kopi.
• Menyehatkan organ-organ sistem pencernaan. Zat tannin yang ada di dalam teh hitam mempunyai efek terapeutik pada lambung dan juga usus. Orang Cina sudah menggunakan ini sejak lama. Zat tannin mampu menyembuhkan diare. Sedangkan polifenol mampu mengobati dan mencegah penyakit radang usus.
• Menyehatkan otak dan sistem saraf. Kafein di dalam kopi jika dalam jumlah kecil mampu membuat darah mengalir ke otak tanpa merangsang jantung. Sedangkan jika dalam jumlah banyak, kafein ini akan membuat otak kurang focus. Berbeda dengan hal itu, kafein di dalam teh beserta asam amino L-teaninnya mampu membuat otak dan tubuh tetap konsentrasi penuh sekali pun dalam jumlah yang banyak. Tak hanya itu, kafein teh hitam juga meningkatkan daya ingat (memori) otak. Selain itu, teh hitam juga menunjukan efek penurunan hormon stres (kortisol) jika diminum secara teratur.
• Meningkatkan energi tubuh. Di sini, kafein yang ada di dalam teh hitam mampu merangsang produksi energi yang efektif dari suatu metabolisme. Zat yang merangsangnya hanya ada di dalam teh hitam. Namanya teofilin. Di dalam tubuh, teofilin menjaga banyak sistem metabolism agar selalu bekerja optimal. Misalnya dalam sistem respirasi dan sistem kardioaskuler.
• Meningkatkkan kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Di sini, polifenol dan tannin dari teh hitam mampu menghalau bakteri penyebab plak dan juga radang. Tak hanya itu saja, zat-zat tersebut juga mampu menurunkan risiko kanker mulut.
• Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa dibuktikan dengan lebih tahannya peminum teh terhadap penyakit flu, disentri, dan juga hepatitis. Katekin serta alkilamin di dalam teh hitam berperan di dalam peningkatan sistem kekebalan tubuh ini.
Itulah di antaranya manfaat teh hitam untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsi minuman yang satu ini secara teratur. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites