Blogroll

saya bagas ariya wijaya student in soneta

Sabtu, 27 September 2014

LEDAKAN BESAR MANFAAT BEROLAH RAGA


READ!!!

Kalau anda loyo kurang bertenaga, segeralah berolahraga. Jika darah anda kental, mengakibatkan peredaran darah tidak lancar dan sering sakit-sakitan, segeralah berolahraga. Ketika pekerjaan menumpuk dan anda gampang stress, segeralah berolahraga.
Banyak orang yang telah melakukan olahraga dan telah merasakan betapa besar manfaatnya. Kendati demikian tak sedikit pula orang yang tak memperdulikan olahraga, kendati sebenarnya banyak sekali manfaatnya. Untuk itu mari kita ikuti saja 10 ledakan besar manfaat olahraga yang perlu anda ketahui:

1. Memperkuat dan Memperbesar Volume Jantung

Dalam keadaan istirahat jantung yang normal berdenyut 60 hingga 80 kali per menit. Dalam keadaan latihan denyut nadi jantung dapat meningkat tinggi dalam jangka maksimal sekitar 220 dikurangi umur. Jantung yang dilatih dengan teratur kualitasnya akan meningkat, baik dalam segi kapasitas maupun cara kerjanya. Kontraksi otot jantung akan lebih kuat dan penampungannya akan lebih besar. Seperti kita ketahui bahwa fungsi jantung adalah memompakan darah yang membawa sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh bagian tubuh sebagai bahan bakar untuk menghasilkan tenaga.
http://www.dreamstime.com/-image10460284
Jika seandainya volume jantung lebih besar, kontraksinya lebih kuat maka jantung ini akan berdenyut lebih sedikit dibandingkan dengan jantung yang tidak terlatih. Pada saat latihan, jantung yang terlatih akan mampu berdenyut lebih tinggi, dan lebih sanggup melakukan latihan yang lebih berat. Hanya dalam beberapa menit saja, jantung yang sudah terlatih akan kembali normal. Sedangkan yang tidak terlatih, memerlukan waktu yang cukup lama untuk kembali pada denyut nadi normal.

 2. Meningkatkan Kapasitas Pernafasan

Dalam keadaan istirahat, paru-paru kita mengkonsumsi udara rata-rata 6 liter per menit. Pada saat berlatih dapat meningkat 100 hingga 150 liter per menit, bahkan dalam latihan tingkat tinggi dapat mencapai 200 liter per menit. Paru-paru yang dilatih dengan teratur dapat memperbesar kapasitasnya. Ukurannya lebih besar, rongga-rongganya lebih bersih, sehingga paru-paru semacam ini akan memiliki cadangan oksigen yang lebih banyak. Mereka yang memiliki paru-paru yang terlatih akan memiliki daya tahan yang lebih tinggi, karena kemampuan untuk menampung oksigennya lebih besar.

 3. Memperlancar Peredaran Darah

Pembuluh darah merupakan jalur distribusi bahan bakar energi yang berisikan sari-sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga. Pada saat latihan, darah akan lebih cepat bergerak dan lebih sering melewati pembuluh-pembuluhnya. Bagi mereka yang terlatih akan meningkatkan kualitas dari pembuluh darah tersebut, yaitu pembuluh darah akan lebih lebar, lebih bersih dan lebih banyak.
Meningkatnya kualitas pembuluh darah akan memperlancar distribusi bahan bakar ke seluruh bagian otot-otot yang tengah bekerja dan membuang sampah-sampah yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan bakar.
weight-lifting-brain

 4. Mencerdaskan Otak

Otak akan berfungsi lebih baik kalau oksigen yang dibutuhkan dalam kerja otak mencukupi. Kebutuhan oksigen yang kurang akibat tidak lancarnya peredaran darah yang menuju ke otak dapat menyebabkan kepala pusing, perasaan lesu, tidak dapat berpikir dengan baik, bahkan dapat berakibat yang paling fatal yaitu stroke. Olahraga banyak membantu meningkatkan peredaran darah yang menuju ke otak dan membuang sampah-sampah yang menghalangi jalannya peredaran darah, sehingga akan dapat meningkatkan ketajaman berpikir.

 5. Menguatkan Otot dan Membentuk Tubuh Yang Baik

Struktur tubuh kita dibentuk oleh kerangka yang ditarik oleh otot-otot yang melekat diantara tulang. Keseimbangan otot yang kuat akan menarik kerangka dalam struktur tubuh ideal. Tanpa latihan olahraga, otot-otot tidak akan memiliki kekuatan yang cukup untuk membentuk tubuh yang baik.

 6. Memelihara dan Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Kurang aktif bergerak dapat mengakibatkan otot-otot dan persendian menjadi kaku. Otot dan sendi yang kaku dapat berakibat gampang cedera, seperti robek otot, terkilir dan sebagainya. Berolahraga membuat badan kita lebih lentur serta lebih leluasa untuk bergerak.

 7. Melatih Mental dan Daya Tahan Terhadap Stres

Ditinjau dari sisi lain, olahraga seolah-olah menyiksa tubuh dalam keadaan kesakitan serta keletihan, sehingga menjadi alasan mengapa banyak orang malas untuk berolahraga. Mereka yang biasa bergulat dalam kesulitan hidup, umumnya lebih bermental kuat dibandingkan dengan mereka yang hidupnya bermanja-manja. Demikian juga dengan kaum yang rutin berolahraga akan selalu berhadapan dengan tantangan untuk menyelesaikan program latihan. Kebiasaan ini akan berpengaruh juga dalam perlawanan kita terhadap tekanan stres sehari-hari.
muscle_fiber_types

8. Meningkatkan Percaya Diri

Untuk membentuk tubuh yang baik membutuhkan latihan yang ulet serta waktu yang relatif lama. Keserasian bentuk tubuh akan memberikan nilai tersendiri bagi pemiliknya. Banyak orang berusaha untuk mencari cara agar dapat tampil lebih menarik. Bentuk tubuh akan sangat berpengaruh terhadap penampilan kita sehari-hari. Tidak diragukan lagi, bahwa olahragawan akan memiliki tubuh yang lebih seimbang dibandingkan orang-orang yang kurang terlatih.

 9. Meningkatkan Perekonomian

Untuk mencari penghasilan dalam pekerjaan membutuhkan ketahanan fisik dan mental. Mempunyai kondisi fisik yang baik akan memungkinkan untuk bekerja lebih kuat dan lebih lama, sehingga produktivitas kerja akan lebih tinggi disertai angka kesakitan yang lebih rendah. Keluarga-keluarga yang sehat dapat menghemat uang lebih banyak daripada membuang uang yang tidak perlu untuk pengobatan.

10. Lebih Memiliki Kesempatan Umur Panjang

Jarang sekali kita melihat orang-orang tua meninggal, karena ketuaan. Kematian yang terjadi umumnya diakibatkan oleh sebab penyakit yang diderita. Tubuh yang lemah akan gampang terserang berbagai macam penyakit, dibandingkan tubuh yang kuat dan sehat. Oleh karena itu, kesehatan merupakan salah satu rahasia umur panjang. (Paulus Noor Mulia)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites